Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

Manfaat buah kedondong untuk kesehatan dan ibu hamil. Umumnya masyarakat luar mengenal buah kedondong dengan nama Spondias Dulcis atau Great Hog Plum atau lebih dikenal dengan nama Ambarella. Buah kedondong tersebar di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Myanmar, Thailand, Vietnam, Laos, dan Kamboja. Tidak banyak orang yang mengetahui sejarah asal buah kedondong atau Ambarella ini, hingga menyebar ke luar Asia.

Manfaat buah kedondong

Buah kedondong sangat cocok ditanam di semua wilayah Indonesia, ada beberapa jenis kedondong yang populer diantaranya jenis kedondong kendeng, bangkok, dan karimunjawa. Tanaman ini dapat dimanfaatkan mulai dari buah, daun, batang, kulit, dan akar karena mengandung senyawa saponin, flavonoid, dan tanin.

Semakin lengkapnya peralatan di dapur, belakangan ini buah kedondong dikreasikan menjadi banyak olahan seperti salad, manisan, dan sering juga diolah menjadi minuman yang memiliki banyak khasiat.

Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Ternyata buah kedondong yang di dalamnya memiliki serabut seperti duri ikan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, simak penjelasan manfaat buah kedondong berikut.

1. Mengandung Protein Dan Lemak

Manfaat buah kedondong yang pertama yakni buahnya mengandung protein dan lemak, meski tidak dalam jumlah yang signifikan setidaknya sudah bisa menjamin kecukupan asupan protein dan lemak dalam tubuh anda.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Kandungan serat cukup tinggi yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam buah kedondong mengandung vitamin C cukup tinggi yang berperan dalam memproduksi sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Mengandung Antioksidan

Kandungan antioksidan buah kedondong berguna untuk mempercepat penyembuhan luka dan kolagen.

5. Kebutuhan Gula Lebih Sehat

Kedondong memiliki kandungan gula alami, sukrosa. Gula alami tentunya merupakan gula yang sehat jika dibandingkan dengan kandungan gula lainnya. Disarankan untuk mengkonsumsi jus buah kedondong ini.

Manfaat buah kedondong yang diolah menjadi jus bisa lebih efektif untuk kesehatan tubuh, karena lebih mudah dicerna oleh tubuh, sehingga lebih cepat khasiatnya daripada memakan buahnya secara langsung.

Namun perlu diingat bagi yang memiliki maag atau penderita penyakit lambung, dianjurkan untuk tidak minum jus buah kedondong, bila ingin memakan buahnya sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Manfaat Buah Kedondong untuk Ibu Hamil

Selain manfaat buah kedondong yang telah dijelaskan tadi, ternyata buah kedondong juga baik untuk ibu hamil. Berikut uraian manfaat buah kedondong untuk ibu hamil.

1. Kandungan Kalsium

Ibu hamil memiliki beban tubuh yang semakin berat, dibutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan kalsium. Kandungan kalsium juga dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan.

2. Kandungan Protein

Asupan protein harian pada ibu hamil harus tercukupi, ini berdampak pada pertumbuhan janin yang memerlukan protein yang cukup. Konsumsi buah kedondong dapat memenuhi kebutuhan protein tersebut.

3. Kandungan Vitamin A

Kandungan vitamin A dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan menjaga daya tahan tubuh janin.

4. Kandungan Vitamin C

Kandungan vitamin C yang terpenuhi dapat menjaga ibu hamil dari oksidan yang mengganggu, tubuh kita pada umumnya membutuhkan sekitar 75 hingga 90 mg setiap hari.

Demikian uraian tentang manfaat buah kedondong untuk kesehatan dan ibu hamil, konsumsi buah kedondong secukupnya saja dan upayakan selalu berkonsultasi dengan dokter. Bila ada masukan dan saran tentang manfaat buah kedondong, silahkan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil"