Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi HP Android Terkena Virus Iklan dan Malware

Id Harian - Pada zaman yang serba canggih ini Smartphone menjadi kebutuhan untuk mendukung aktifitas kerja maupun keseharian, kondisi ini sangat berbeda saat usia kita masih anak-anak. Dibawah tahun 2006-an penggunaan HP masih belum seheboh seperti sekarang, anak-anak dengan ceria bermain bersama tanpa gadget ditangan mereka.

Cara Mudah Mengatasi HP Android Terkena Virus Iklan dan Malware

Seiring berlalunya zaman, mulai anak-anak hingga orang tua sudah beraktifitas dengan smartphone. Bahkan sekarang pemberlakuan sekolah online semakin memantapkan penggunaan smartphone dalam aktifitas mereka, tidak diragukan lagi hp sudah menjadi kebutuhan pokok dalam menunjang semua kegiatan kita.

Namun dalam canggihnya smartphone Android, tak semua pengguna paham bila HP android yang mereka gunakan rawan terkena virus atau malware. Walaupun teknologi sudah maju, gangguan dalam perangkat android masih sering dijumpai.

Lantas bagaimana cara mengatasi HP Android kena virus iklan atau malware? Sebelumnya kenali dulu tanda-tanda HP Android anda terkena virus malware.

Tanda-tanda HP Android yang Kena Virus Malware

  • Iklan selalu tampil saat menggunakan semua aplikasi
  • Disaat menginstall app iconnya langsung hilang
  • Penggunaan baterai yang tak wajar, gampang habis
  • HP jadi lebih lambat dan sering hang

Cara Memperbaiki HP Android yang Kena Virus dan Malware

Install aplikasi dari layanan resminya

Sistem operasi Android memiliki layanan resmi untuk menginstall aplikasi, yaitu Play Store. Usahakan bila mau memasang app di HP gunakanlah selalu Play Store, disana terdapat banyak aplikasi yang sudah terverifikasi dan lebih aman.

Namun pasanglah aplikasi sesuai kebutuhan saja, memasang sembarang aplikasi juga dapat menyebabkan HP anda menjadi lemot.

Selalu berhati-hati saat browsing Internet

Sering terjadi saat browsing sesuatu di internet tidak sengaja menekan iklan pop-up yang mengarahkan menuju situs lain dan biasanya kita disuruh mengunduh app yang mengandung virus dan malware.

Rajin update sistem operasi HP dan Backup

Sistem operasi secara berkala melakukan update, anda dapat memeriksanya pada menu pengaturan kemudian sistem update. Bila ada notifikasi pada sistem update segeralah mengupdate sistem anda, biasanya sistem sudah menambahkan patch keamanan yang dikhususkan untuk menjaga HP anda dari serangan virus atau malware.

Pasang Antivirus untuk HP Android

Bukan hanya PC saja yang wajib dipasang Antivirus, install-lah Antivirus di HP anda ini dapat mencegah gangguan virus dan malware. Antivirus pada HP Android juga mampu mencegah dari jebakan situs yang tidak bertanggung jawab.

Tahun 2018 data keamanan Android melaporkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna terbanyak yang menginstall app Android kategori berbahaya pada Play Store.

Kesimpulan

Dengan seringnya penggunaan smartphone, anda harus berhati-hati terhadap serangan virus atau malware. Jika ini terjadi pada HP anda akibat ringannya mungkin HP menjadi lambat, namun bila yang diserang adalah data pribadi anda mungkin akan menjadi sesuatu yang serius.

Artikel ini diharapkan membantu anda mengatasi HP yang kena virus iklan maupun malware, tentu dengan melakukan poin-poin diatas. Sekian sharing kali ini mengenai Cara Mudah Mengatasi HP Android Kena Virus Iklan dan Malware, silahkan share bila bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi HP Android Terkena Virus Iklan dan Malware"